KETERAMPILAN MEMIMPIN/MEMBINGBING
DISKUSI DALAM KELOMPOK KECIL
Pak
Guru : selamat pagi anak-anak......?
Siswa : selamat pagi pak,!!
Pak
Guru : Apa kabar hari
ini...??
Siswa : Sehat pak...!!!!!
Pak Guru :
terimahkasih ( guru sambil duduk, sambil
menunjuk salahsatu dari siswa ).,, rustina tolong pinpin doa selakian
nyanyi.
Rustina : Iya pak,,,,,,,,,,,,, ( Rustina maju kedepan dan memimpin doa dan
lagu pujian )
Pak
Guru : (
guru memerikasa daftar hadir / absen siswa setelah guru memulai topic atau materi pelajaran) Nah,,,, anak – anak mari kita buka buku kita halaman 30 dengan judul
materi “MORAL”. ( guru menujuk salah satu
siswa ) wati tolong bacakan dulu nak,,,
Wati : ( membaca ..... yang lain memperhatikan
bukunya masing-masing )
Pak
Guru : Baiklah, dengarkan kemari ya nak,,!! Berbicara mengenai
moral atau etika, hal itu sangat berhubungan dengan perilaku yang baik dan
buruk, atau hal benar dan hal yang salah dalam perbuatan dan sikap prilaku
manusia. Sekarang Bapak/ibu mau bertanya. Menurut kalian bagaimana sikaf orang
Kristen terhadap masalah moral pada masa kini...?
Intan : ( sambil
tunjuk tangan ) Saya Pak,,!!!! Menurut saya pak, memperhatikan hidupnya pak
Pak Guru : Bagus, tapi masih kurang lengkap. Siapa lagi yang mau menambahi??
Dame : ( sambil tunjuk tangan ), saya pak. Menurut saya dalam menghadapi masalah moral
masa kini, harus saling mengintropeksi diri sendiri.
Roby : ( tunjuk tangan ) Menurut saya dalam menyikapi
masalah moral masa kini dengan hanya mengintropeksi diri, itu kurang tepat
pak!!!!. Kita harus bertindak juga.
Dame :
nggak mungkin pak, ada tindakan kalau tidak ada Intropeksi diri ( suasana kelas
jadi kurang kondusip/ribut)
Pak
Guru : tenang – tenang semua. Karena bapak melihat sudah
melantur dari topik pembahasan kita, maka sekarang kita pecahkan masalah ini
dengan membentuk diskusi kelompok kecil.
(Guru mengambil daftar absen dan membagi – bagi kelompok.)
Kelompok 1 : Samuel ,Intan, Lisa,
Robby, Ijah, Rusti.
Kelompok 2 : Sinna, Waty, Anju,
Dame, Siska, Netty, Revinia.
Kelompok I
Samuel :Kawan – kawan aku ketua kelompok 1...
Semua Murid : Ia..ia...ia...
Samuel : Ok
deh.Bagaimana menurut kalian teman – teman ????
Intan :
Menurutku, kita sebagai orang kristen kan harus berusaha menjauhkan hal – hal
yang merusak moral kita. Contoh Pergaulan bebas, judi, minum – minum keras,
merokok dll.
Robi :
Kalau menurutku, itu karena faktor orang tua, jadi yang mengatasi itu adalah
orang tuanya juga lah....
Ijah :
Bukan begitu..yang dimaksud intan itu faktor yang merusak kepribadian manusia
seperti yang dikatakan intan
Pak Guru :
anak-anak jangan menjadi diperdebatkan, kalian menjadi kelompok harus dapat
saling kerja sama dengan baik, yang kalian bicarakan yaitu peranan ataupun
sikap Kristiani dalam menyikapi masalah moral masa kini.
Lisa : ia pak. kawan-kawan daripada kita ribut lebih
baik aja kita dengarkan penjelasan dari ketua kelompok kita.
Rustina : ia
lebih baik kita dengarkan ketua daripada kita berdebat.
Samuel : Ia
kalau menurut saya lebih baik kita buat kesimpulan kita masing-masing dengan
menulis satu lembar kertas agar dapat kita ambil kesimpulan bersama.
roby :
iya,,, lebih baik seperti yang disarankan oleh ketua kita. ( siswa membuat resume masing-masing dan disimpulkan bersama ).
Kelompok II
Sinna : kawan-kawan
saya aja ketuanya... ya.
Waty : Iya ,,,,,,, itu bagus ( semua kelompok 2 menyepakati sinna menjadi
ketua kelompok )
Sinna :
Baiklah kawan-kawan jika semua sudah sepakat
kalau saya jadi ketua , marilah kita kerjakan tugas kelompok kita ini.
Bagaimana menrut kawan-kawan sikaf orang Kristen dalam menghadapi masalah moral
masa kini
Anju : menurut saya ,, sikap orang Kristen dalam
masalah morol masa kini sangatlah baik. Dimana kalau kita lihat umat kristen mengajarkan agar umatnya tidak
tejebak dalam hal – hal yang menyalai nilai-nilai moral.
Dame :
tapi kalau kita lihat dalam faktanya kebanyakan umat sudah banyak tidak
menghiraukan nilai moralitas, apa lagi dikalangan pemuda – pemudi yang
kebanyakan ikut pergaulan bebas, dan kehidupan hedonisme.
Siska :
tapi kalau kita lihat upaya dari gereja dalam menyikapi masalah itu juga
melakukan tindakan penganan moral, gereja juga mengupayakan dalam
mengupayakan penaggulangan agar gererasi
muda tidak melanggar nilai moral yang
baik, jika kita lihat upaya yang
dilakukan dalam segi pembinaan dalam pelayanan gereja.
Netty :
kalau menurut saya sikaf orang Kristen dalam menghadapi masalah moral juga sama
dengan apa yang dikatkan oleh kawan-kawan bahwa Kristen atau lebih tepatnya
dalam gereja juga memberikan tentang pamahaman bagaiman moral yang tepat.
Repinia : saya juga sama,, dengan jawaban kawan kawan
bahwa sikap Kristen sangat memperhatikan perkembangan moral masa kini.
Pak guru : ( menegur kelompok 2 ) bagaiman kelompok
2 apa sudah dapat dari hasil diskusinya??
Sinna :
sudah pak,,, baiklah kawan-kawan marikita simpulkan hasil diskusi kita ini ( kelompok dua mnyimpulkan inti dari hasil
diskusi).
Pak guru :
bagaiman dengan kelompok 1 apa sudah bisa disimpulkan,???
Samuel :
sudah pak,,!!!
Pak guru :
jadi coba disebutkan hasil dari diskusi
kita ini. Dimulai dari kelompok pertama.!!!
Samuel :
baiklah pak, kami akan memaparkan hasil diskusi kami yang kami simpulkan
menjadi satu kesimpulan. Sikap umat Kristiani terhadap masalah moral masa kini sangatlah
diperhatikan dan menjadi tugas yang sangat besar untuk menjaga nilai-nilai
moral yang baik.
Pak guru :
dari kelompok dua bagaimana??
Sinna : menurut hasil diskusi kami
pak, sikap orang Kristen dalam masalah morol masa kini sangatlah baik. Dimana
kalau kita lihat umat kristen
mengajarkan agar umatnya tidak tejebak dalam hal – hal yang menyalai
nilai-nilai moral.
Pak guru : masih ada yang mau menambaih,?
Roby : saya
pak,,!! Sikap umat Kristen dalam masalah moral masa kini sangatlah
diperhatikan, apalagi kalau kita melihat didalam lingkungan umat Kristen ada
yang namanya gerakan kemanusiaan yang mendukung perjuangan moralitas.
Pak guru :
Baiklah anak-anak tadi kita sudah melakukan diskusi dan tiap kelompok diskusi
telah memberikan pemahamanya dengan baik. Anak-anak sikap orang kristen
terhadap masalah moral yang terjadi pada masa kini sangatlah diperhatikan
karena prilaku yang baik dan yang buruk sangatlah mempengaruhi kehidupan
sehari-hari, dan juga kehidupan beragama. Maka anak-anak kita harus memahami
nilai-nilai moral yang baik danselalu menjung-jungnya. ( guru menutup pertemuan setelah menjelaskan dan menutup dengan doa ) nah
anak-anak cukup pelajaran untuk hari ini dan akan kita lanjutkan minggu depan.
Kalau begitu marilah kita berdoa. ( guru
dan murid berdoa ).
KETERAMPILAN MENGELOLAH KELAS
Pak
Guru : selamat pagi anak – anak,,,
Siswa : (
siswa berdiri dan memberikan hormat ) pagi Pak Guru…..
Pak
Guru : bagaimana kabar-nya anak – anak,, ( memberikan salam kepada siswa )
Siswa : luar biasa Pak guru…..!!!!!
Intan :
bagaimana kabarnya Pak…….!!!!
Pak
Guru : baik,,,,, trimakasi ya,,,,, ( guru memulai dengan membuat doa yang
dipinpin salah satu dari oleh siswa dan memerikasa daftar hadir / absen siswa )
Pak
Guru : baiklah anak kta akan memulai pelajaran kita, tetapi
sebelum kita memulainya tolong semuanya dirapikan dulu meja dan cara duduknya.
Netty : Baik pak,,,,,( siswa membetulkan/merapikan meja dan cara
duduk mereka )
Pak
Guru : anak – anak kita akan mempelajari mengenai “Rupa-Rupa
karunia Roh” yang tertulis dalam 1Kor 12: 4 -11, ( guru meliha salah satu muridnya tidak kodusip dalam belajar dan guru
menegornya). lisa tolong pindah kedepan jangan memgganggu teman mu lagi
belajar di belakang,,,,,,!!!
Lisa : Baik pak ( lisa pindah kedepan dan
memperhatikan pelajarnya ) \
Pak
Guru : ( guru
menyuruh salah satu murid membaja nats Alkitab dengan menunjuk salah satu dari
murid ) sinna
coba bacakan ayat Alkitab 1Kor 12: 4 -11,
Sinna : iya pak,, ( sinna
membacakan nas Alkitab tersebut )
Pak Guru : anak-anak agar kita dapat
mengerti dengan jelas kita akan melihat salah satu vidio tentang Karunia Roh
yang di alami manusia,( guru memutar
salah satu filim sebagai media pembelajaran ).
Wati : baik,,( murid menyaksikan filim samapai selesai
)
Pak Guru : Dari filim yang kita
tonton barusan apa yang kalian ambil sebagai kesimpulan dari pelajaran kita ini
Roby : inti yang saya dapat pak adalah rupa – rupa karunia Roh
adalah menggambarkan setiap manusia memiliki talenta yang berbeda-beda tetapi
cinta kasihTuhan tetap sama bagi manusi.
Pak Guru : bagus sekali,,,,coba semua memperhatikan
kepada bapa ( guru memusatkan perhatia
murid-murid dan menjelaskan materi dengan jelas kepada siswa dan selesai
menjelaskan guru menyimpulkan materi) anak-anak seperti yang dikatakan roby
tadi bahwa Karunia Roh adalah menggambarkan talenta yang sangat berbeda-beda,
dalam diri kita sudah tertanam talenta yang sangat besar, tergantung diri kita
bagaimana kita mengeluarkannya. Karena itu kita sebagai umat Allah harus
menyadari bahwa Tuhan tidak pernah berhenti mencintai kita unat-Nya sekalipun
manusia sering menolak dan meninggalkan Dia. Tuhan Yesus juga mengajarkan kita
bagaiman tentang talenta seperti tertulis dalam Mat 25 : 14 – 30 tentang
perumpaan tentang Talenta. ( setelah guru
menyimpulkan materi guru langsung menutup dengan doa ) nah
anak-anak cukup pelajaran untuk hari ini dan akan kita lanjutkan minggu depan.
Kalau begitu marilah kita berdoa. ( guru
dan murid berdoa ).
KETERAMPILAN MENGAJATR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN
Pak
Guru : selamat pagi anak-anak......?
Siswa : selamat pagi pak,!!
Pak
Guru : Apa kabar hari
ini??
Siswa : Sehat pak...!
Pak Guru :
terimahkasih ( guru sambil duduk, sambil
menunjuk salahsatu dari siswa ).,, samuel tolong pinpin doa selakian
nyanyi.
samuel : Iya pak,,,,,,,,, ( samuel maju kedepan dan memimpin doa dan lagu pujian )
Pak
Guru : (
guru memerikasa daftar hadir / absen siswa setelah guru memulai topic atau materi pelajaran) Nah,,,, anak – anak kita akan melanjutkan topik pelajaran kita kemarin,, dan
bapa juga menyuruh agar kalian membaca dirumah, apa masih ada yang ingat???
Wati : masih
pak,, pelajaran kita kemarin mengenai sengasara dan wafat Yesus Kristus,
pak,,!!!!
Pak
Guru : baiklah,, bapa ingin bertanya tentang topik pelajaran
kita ini kepada kalian. Jadi kisah sengsara Yesus dimulai darimana Luk 22-45,,?
ayo siapa yang tau???
Siska : sengsara Tuhan Yesu dimulai dari taman Getsemani pak
Pak
Guru : betul sekali,
berikan dulu tepuk tangan untuk siska (
guru memberikan pujian ) anak-anak Tuhan memulai sengseranya ditaman
Getsemani dimana waktu Yesus dan murid-muridnya pergi berdoa untuk penderitaan
yang akan ditanggung-Nya . Pertanyaan kedua coba kalian sebutkan kenapa Tuhan
Yesus dijatuhkan hukuman mati oleh Pilatus. Coba siapa yang bisa menjawab??? ( guru berjalan di tengah – tengah siswa
)
Rusti : saya tau pak,(
sambil tujuk tangan ). Pilatus memberikan hukum mati kepada Yesus karena
pilatus didesak orang-orang yahudi pak,,
Pak Guru : betul
sekali,,, ( sambil menepuk pundak rusti )
Tuhan Yesus menerima hukuman mati dari pilatus itu karena desakan – desakan
dari orang Yahudi yang ingin membunuh Yesus, karena mereka menganggap bahwa
Tuhan Yesus sudah menghujat Allah. Baiklah anak-anak kita akan membuat suatu
diskusi kelompok bentuk 3 kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 5 orang.
Ayo,, !! ( guru mengodisikan kelompok
dengan tepat dan sederhana )
anju :
Iya pak,,, ( siswa membentuk kelompok masing-masing )
Pak
Guru : yang menjadi tugas kalian dalam kelompok, coba kalian
diskusikan apa arti Wafat Yesus bagi hidup kalian.
Intan : Itu aja pak,,
Pak Guru : iya,, itu aja duluh
Dame : ( siswa bertanya ) pak sumbernya darimana di ambil pak???
Pak guru :
Anak-anak sumbernya di ambil dari Alkitab ya, dari Kitan Luk 22 – 45 dan juga 1
Kor 1 : 24 -25.
Roby : baik
pak,,, ( siswa bekerjasama untuk membuat
jawaban diskusi )
Rusti : pak
saya ingin bertanya pak????
Pak
Guru : baiklah apa yang kau tanyakan??
Rusti :
Kenapa Tuhan Yesus di debutkan menyesatkan?
Pak guru : Bagus,,
saya suka jika ada yang bertanya, coba semua mendengarkan kesini (mengarahkan perhatian siswa) pada saat
yesus dibawah menghadap ke Makama Agama. Yesus diberikan pertanyaan “Jikalau
Engkau adalah Mesias katakanlah kepada kami” ( Luk 22 : 67 ). Dan pertanyaan
itu juga adalah pertanyaan yang menjebak. Tetapi Yesus dengan tegas menjawab
bahwa Dia adalah Anak Allah, mendengar jawaban Yesus itu, maka dengan segera
sidang Makamah Agama mengambil keputusan menghukum mati, karena Ia telah
mengatakan Dia Anak Allah karena itu adalah penghujatan bagi umat Yahudi.
Ijah :
berarti Umat Yahudi tidak Percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias??
Pak Guru : tepat
sekali. Ingat tugasnya ditulis dalam satu lembar kertas dikerjakan menurut
pandangan masing-masing ya tapi diselesaikan dalam diskusi.
Robi : iya pak kami mengerti...!!!
Pak Guru : ayo
cepat ,, waktunya tinggal 5 menit lagi ya..
Lisa : . Baik pak,,, ( mengerjakan tugas/membuat kesimpulan diskusi )
Wati :
Kami dah siap pak..!!
Pak guru : kalau
sudah siap salah satu kumpul kedepan, buat nama kelompoknya ya,,!!
Dame : baik
pak,,( mengumpul resume diskusi )
Netty :
kami juga sudah siap pak..!!!
Pak Guru : kalau
semua sudah siap kumpulkan kedepan!!
Anju : bauk
pak,, ( mengumpulkan hasil resume diskusi
)
Pak guru ; baiklah kita sudah selesai diskusi
kelompok,, tepuk tangan dulu semua (
memberikan semangat kepada siswa agar terlepas dari kejenuhan ). Ingat
minggu depan kita akan mengadakan ujian harian ya,,
Sinna : mengenai
materi apa pak????
Pak guru :
kita akan mengambil dari bab 7 mengenai kisah penyelamatan Tuhan Yesus Kristus,
ingat baca bukunya dirumah ya,,,,,
siswa : baik pak......!!
pak guru :
Untuk hari ini cukup sampai disitu dulu pelajaran kita, mari kita tutup
pelajaran kita ini dengan doa yang dipinpin oleh repinia.
Siska : baik pak,,, ( memimpin doa penutu )
Netty : salam
siang anak-anak sampai jumpa selasa depan, (
guru meninggalkan kelas )
Repinia : selamat
siang pak ( memberika hormat kepada guru
)
TRANSKIP DIALOG
KETRAMPILANA MENGAJAR
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA: ROBBI
SIHOTANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARMA AGUNG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar