Jumat, 25 Mei 2012

TRANSKIP DIALOG NGAJAR 8 KTRAMPILAN DASAR MENGAJAR


KETERAMPILAN MEMIMPIN/MEMBINGBING DISKUSI DALAM KELOMPOK KECIL
Pak Guru      : selamat pagi anak-anak......?
Siswa            : selamat pagi pak,!!
Pak Guru      :  Apa kabar hari ini...??
Siswa            : Sehat pak...!!!!!
Pak Guru      : terimahkasih ( guru sambil duduk, sambil menunjuk salahsatu dari siswa ).,, rustina tolong pinpin doa selakian nyanyi.
Rustina         : Iya pak,,,,,,,,,,,,, ( Rustina maju kedepan dan memimpin doa dan lagu pujian ) 
Pak Guru      : ( guru memerikasa daftar hadir / absen siswa setelah guru memulai topic atau materi pelajaran) Nah,,,, anak – anak mari kita buka buku kita halaman 30 dengan judul materi “MORAL”. ( guru menujuk salah satu siswa ) wati tolong bacakan dulu nak,,,
Wati              : ( membaca ..... yang lain memperhatikan bukunya masing-masing )
Pak Guru      : Baiklah, dengarkan kemari ya nak,,!! Berbicara mengenai moral atau etika, hal itu sangat berhubungan dengan perilaku yang baik dan buruk, atau hal benar dan hal yang salah dalam perbuatan dan sikap prilaku manusia. Sekarang Bapak/ibu mau bertanya. Menurut kalian bagaimana sikaf orang Kristen terhadap masalah moral pada masa kini...?
Intan             : ( sambil tunjuk tangan ) Saya Pak,,!!!! Menurut saya pak, memperhatikan hidupnya pak
Pak Guru      : Bagus, tapi masih kurang lengkap. Siapa lagi yang mau menambahi??
Dame            : ( sambil tunjuk tangan ), saya pak. Menurut saya dalam menghadapi masalah moral masa kini, harus saling mengintropeksi diri sendiri.
Roby             : ( tunjuk tangan ) Menurut saya dalam menyikapi masalah moral masa kini dengan hanya mengintropeksi diri, itu kurang tepat pak!!!!. Kita harus bertindak juga.
Dame            : nggak mungkin pak, ada tindakan kalau tidak ada Intropeksi diri ( suasana kelas jadi kurang kondusip/ribut)
Pak Guru      : tenang – tenang semua. Karena bapak melihat sudah melantur dari topik pembahasan kita, maka sekarang kita pecahkan masalah ini dengan membentuk diskusi kelompok kecil. (Guru mengambil daftar absen dan membagi – bagi kelompok.)
Kelompok 1 : Samuel ,Intan, Lisa, Robby, Ijah, Rusti.
Kelompok 2 : Sinna, Waty, Anju, Dame, Siska, Netty, Revinia.

Kelompok I
Samuel       :Kawan – kawan aku ketua kelompok 1...
Semua Murid  : Ia..ia...ia...
Samuel       : Ok deh.Bagaimana menurut kalian teman – teman ????
Intan           : Menurutku, kita sebagai orang kristen kan harus berusaha menjauhkan hal – hal yang merusak moral kita. Contoh Pergaulan bebas, judi, minum – minum keras, merokok dll.
Robi           : Kalau menurutku, itu karena faktor orang tua, jadi yang mengatasi itu adalah orang tuanya juga lah....
Ijah             : Bukan begitu..yang dimaksud intan itu faktor yang merusak kepribadian manusia seperti yang dikatakan intan
Pak Guru      : anak-anak jangan menjadi diperdebatkan, kalian menjadi kelompok harus dapat saling kerja sama dengan baik, yang kalian bicarakan yaitu peranan ataupun sikap Kristiani dalam menyikapi masalah moral masa kini.
Lisa            :  ia pak. kawan-kawan daripada kita ribut lebih baik aja kita dengarkan penjelasan dari ketua kelompok kita.
Rustina       : ia lebih baik kita dengarkan ketua daripada kita berdebat.
Samuel       : Ia kalau menurut saya lebih baik kita buat kesimpulan kita masing-masing dengan menulis satu lembar kertas agar dapat kita ambil kesimpulan bersama.
roby            : iya,,, lebih baik seperti yang disarankan oleh ketua kita. ( siswa membuat resume masing-masing dan disimpulkan bersama ).

Kelompok II

Sinna            : kawan-kawan saya aja ketuanya...    ya.
 Waty         : Iya ,,,,,,, itu bagus ( semua kelompok 2 menyepakati sinna menjadi ketua kelompok )
Sinna            : Baiklah kawan-kawan jika semua sudah sepakat  kalau saya jadi ketua , marilah kita kerjakan tugas kelompok kita ini. Bagaimana menrut kawan-kawan sikaf orang Kristen dalam menghadapi masalah moral masa kini
 Anju            :  menurut saya ,, sikap orang Kristen dalam masalah morol masa kini sangatlah baik. Dimana kalau kita lihat  umat kristen mengajarkan agar umatnya tidak tejebak dalam hal – hal yang menyalai nilai-nilai moral.
Dame            : tapi kalau kita lihat dalam faktanya kebanyakan umat sudah banyak tidak menghiraukan nilai moralitas, apa lagi dikalangan pemuda – pemudi yang kebanyakan ikut pergaulan bebas, dan kehidupan hedonisme.
Siska             : tapi kalau kita lihat upaya dari gereja dalam menyikapi masalah itu juga melakukan tindakan penganan moral, gereja juga mengupayakan dalam mengupayakan  penaggulangan agar gererasi muda tidak melanggar nilai moral yang  baik, jika kita lihat  upaya yang dilakukan dalam segi pembinaan dalam pelayanan gereja.
Netty          : kalau menurut saya sikaf orang Kristen dalam menghadapi masalah moral juga sama dengan apa yang dikatkan oleh kawan-kawan bahwa Kristen atau lebih tepatnya dalam gereja juga memberikan tentang pamahaman bagaiman moral yang tepat.
Repinia         : saya juga sama,, dengan jawaban kawan kawan bahwa sikap Kristen sangat memperhatikan perkembangan moral masa kini.
Pak guru        : ( menegur kelompok 2 ) bagaiman kelompok 2 apa sudah dapat dari hasil diskusinya??
Sinna             : sudah pak,,, baiklah kawan-kawan marikita simpulkan hasil diskusi kita ini ( kelompok dua mnyimpulkan inti dari hasil diskusi).
Pak guru        : bagaiman dengan kelompok 1 apa sudah bisa disimpulkan,???
Samuel          : sudah pak,,!!!
Pak guru        : jadi coba disebutkan  hasil dari diskusi kita ini. Dimulai dari kelompok pertama.!!!
Samuel          : baiklah pak, kami akan memaparkan hasil diskusi kami yang kami simpulkan menjadi satu kesimpulan. Sikap umat Kristiani terhadap masalah moral masa kini sangatlah diperhatikan dan menjadi tugas yang sangat besar untuk menjaga nilai-nilai moral yang baik.
Pak guru        : dari kelompok dua bagaimana??
Sinna             : menurut hasil diskusi kami pak, sikap orang Kristen dalam masalah morol masa kini sangatlah baik. Dimana kalau kita lihat  umat kristen mengajarkan agar umatnya tidak tejebak dalam hal – hal yang menyalai nilai-nilai moral.
Pak guru       : masih ada yang mau menambaih,?
Roby             : saya pak,,!! Sikap umat Kristen dalam masalah moral masa kini sangatlah diperhatikan, apalagi kalau kita melihat didalam lingkungan umat Kristen ada yang namanya gerakan kemanusiaan yang mendukung perjuangan moralitas.
Pak guru        : Baiklah anak-anak tadi kita sudah melakukan diskusi dan tiap kelompok diskusi telah memberikan pemahamanya dengan baik. Anak-anak sikap orang kristen terhadap masalah moral yang terjadi pada masa kini sangatlah diperhatikan karena prilaku yang baik dan yang buruk sangatlah mempengaruhi kehidupan sehari-hari, dan juga kehidupan beragama. Maka anak-anak kita harus memahami nilai-nilai moral yang baik danselalu menjung-jungnya. ( guru menutup pertemuan setelah menjelaskan dan menutup dengan doa ) nah anak-anak cukup pelajaran untuk hari ini dan akan kita lanjutkan minggu depan. Kalau begitu marilah kita berdoa. ( guru dan murid berdoa ).


KETERAMPILAN MENGELOLAH KELAS
Pak Guru        : selamat pagi anak – anak,,,
Siswa              : ( siswa berdiri dan memberikan hormat ) pagi Pak Guru…..
Pak Guru        : bagaimana kabar-nya anak – anak,, ( memberikan salam kepada siswa )
Siswa              : luar biasa Pak guru…..!!!!!
Intan               :  bagaimana kabarnya Pak…….!!!!
Pak Guru        : baik,,,,, trimakasi ya,,,,, ( guru memulai dengan membuat doa yang dipinpin salah satu dari oleh siswa dan memerikasa daftar hadir / absen siswa )
Pak Guru        : baiklah anak kta akan memulai pelajaran kita, tetapi sebelum kita memulainya tolong semuanya dirapikan dulu meja dan cara duduknya.
Netty              : Baik pak,,,,,( siswa membetulkan/merapikan meja dan cara duduk mereka )
Pak Guru        : anak – anak kita akan mempelajari mengenai “Rupa-Rupa karunia Roh” yang tertulis dalam 1Kor 12: 4 -11, ( guru meliha salah satu muridnya tidak kodusip dalam belajar dan guru menegornya). lisa tolong pindah kedepan jangan memgganggu teman mu lagi belajar di belakang,,,,,,!!!
Lisa                : Baik pak ( lisa  pindah kedepan dan memperhatikan pelajarnya )  \
Pak Guru        : ( guru menyuruh salah satu murid membaja nats Alkitab dengan menunjuk salah satu dari murid ) sinna coba bacakan ayat Alkitab 1Kor 12: 4 -11,
Sinna              : iya pak,, ( sinna membacakan nas Alkitab tersebut )
Pak Guru       : anak-anak agar kita dapat mengerti dengan jelas kita akan melihat salah satu vidio tentang Karunia Roh yang di alami manusia,( guru memutar salah satu filim sebagai media pembelajaran ).
Wati               : baik,,( murid menyaksikan filim samapai selesai )
Pak Guru       : Dari filim yang kita tonton barusan apa yang kalian ambil sebagai kesimpulan dari pelajaran kita ini
Roby              : inti yang saya dapat pak adalah rupa – rupa karunia Roh adalah menggambarkan setiap manusia memiliki talenta yang berbeda-beda tetapi cinta kasihTuhan tetap sama bagi manusi.
Pak Guru      :  bagus sekali,,,,coba semua memperhatikan kepada bapa ( guru memusatkan perhatia murid-murid dan menjelaskan materi dengan jelas kepada siswa dan selesai menjelaskan guru menyimpulkan materi) anak-anak seperti yang dikatakan roby tadi bahwa Karunia Roh adalah menggambarkan talenta yang sangat berbeda-beda, dalam diri kita sudah tertanam talenta yang sangat besar, tergantung diri kita bagaimana kita mengeluarkannya. Karena itu kita sebagai umat Allah harus menyadari bahwa Tuhan tidak pernah berhenti mencintai kita unat-Nya sekalipun manusia sering menolak dan meninggalkan Dia. Tuhan Yesus juga mengajarkan kita bagaiman tentang talenta seperti tertulis dalam Mat 25 : 14 – 30 tentang perumpaan tentang Talenta. ( setelah guru menyimpulkan materi guru langsung menutup dengan doa ) nah anak-anak cukup pelajaran untuk hari ini dan akan kita lanjutkan minggu depan. Kalau begitu marilah kita berdoa. ( guru dan murid berdoa ).



KETERAMPILAN MENGAJATR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN
Pak Guru      : selamat pagi anak-anak......?
Siswa            : selamat pagi pak,!!
Pak Guru      :  Apa kabar hari ini??
Siswa            : Sehat pak...!
Pak Guru      : terimahkasih ( guru sambil duduk, sambil menunjuk salahsatu dari siswa ).,, samuel tolong pinpin doa selakian nyanyi.
samuel          : Iya pak,,,,,,,,, ( samuel maju kedepan dan memimpin doa dan lagu pujian ) 
Pak Guru      : ( guru memerikasa daftar hadir / absen siswa setelah guru memulai topic atau materi pelajaran) Nah,,,, anak – anak kita akan melanjutkan topik pelajaran kita kemarin,, dan bapa juga menyuruh agar kalian membaca dirumah, apa masih ada yang ingat???
Wati              : masih pak,, pelajaran kita kemarin mengenai sengasara dan wafat Yesus Kristus, pak,,!!!!
Pak Guru      : baiklah,, bapa ingin bertanya tentang topik pelajaran kita ini kepada kalian. Jadi kisah sengsara Yesus dimulai darimana Luk 22-45,,? ayo siapa yang tau???
Siska             : sengsara Tuhan Yesu dimulai dari taman Getsemani pak
Pak Guru      :   betul sekali, berikan dulu tepuk tangan untuk siska ( guru memberikan pujian ) anak-anak Tuhan memulai sengseranya ditaman Getsemani dimana waktu Yesus dan murid-muridnya pergi berdoa untuk penderitaan yang akan ditanggung-Nya . Pertanyaan kedua coba kalian sebutkan kenapa Tuhan Yesus dijatuhkan hukuman mati oleh Pilatus. Coba siapa yang bisa menjawab??? ( guru berjalan di tengah – tengah siswa )
Rusti             : saya tau pak,( sambil tujuk tangan ). Pilatus memberikan hukum mati kepada Yesus karena pilatus didesak orang-orang yahudi pak,,    
Pak Guru      : betul sekali,,, ( sambil menepuk pundak rusti ) Tuhan Yesus menerima hukuman mati dari pilatus itu karena desakan – desakan dari orang Yahudi yang ingin membunuh Yesus, karena mereka menganggap bahwa Tuhan Yesus sudah menghujat Allah. Baiklah anak-anak kita akan membuat suatu diskusi kelompok bentuk 3 kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 5 orang. Ayo,, !! ( guru mengodisikan kelompok dengan tepat dan sederhana )
anju               :  Iya pak,,, ( siswa membentuk kelompok masing-masing )
Pak Guru      : yang menjadi tugas kalian dalam kelompok, coba kalian diskusikan apa arti Wafat Yesus bagi hidup kalian.
Intan             : Itu aja pak,,
Pak Guru      : iya,, itu aja duluh
Dame            : ( siswa bertanya ) pak sumbernya darimana di ambil pak???
Pak guru     : Anak-anak sumbernya di ambil dari Alkitab ya, dari Kitan Luk 22 – 45 dan juga 1 Kor 1 : 24 -25.
Roby             : baik pak,,, ( siswa bekerjasama untuk membuat jawaban diskusi )
Rusti             : pak saya ingin bertanya pak????
Pak Guru      : baiklah apa yang kau tanyakan??
Rusti             : Kenapa Tuhan Yesus di debutkan menyesatkan?
Pak guru       : Bagus,, saya suka jika ada yang bertanya, coba semua mendengarkan kesini (mengarahkan perhatian siswa) pada saat yesus dibawah menghadap ke Makama Agama. Yesus diberikan pertanyaan “Jikalau Engkau adalah Mesias katakanlah kepada kami” ( Luk 22 : 67 ). Dan pertanyaan itu juga adalah pertanyaan yang menjebak. Tetapi Yesus dengan tegas menjawab bahwa Dia adalah Anak Allah, mendengar jawaban Yesus itu, maka dengan segera sidang Makamah Agama mengambil keputusan menghukum mati, karena Ia telah mengatakan Dia Anak Allah karena itu adalah penghujatan bagi umat Yahudi.

Ijah             : berarti Umat Yahudi tidak Percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias??
Pak Guru    : tepat sekali. Ingat tugasnya ditulis dalam satu lembar kertas dikerjakan menurut pandangan masing-masing ya tapi diselesaikan dalam diskusi.
Robi           :  iya pak kami mengerti...!!!
Pak Guru      : ayo cepat ,, waktunya tinggal 5 menit lagi ya..
Lisa            :  . Baik pak,,, ( mengerjakan tugas/membuat kesimpulan diskusi )
Wati           : Kami dah siap pak..!!
Pak guru     : kalau sudah siap salah satu kumpul kedepan, buat nama kelompoknya ya,,!!
Dame          : baik pak,,( mengumpul resume diskusi )
Netty          : kami juga sudah siap pak..!!!
Pak Guru    : kalau semua sudah siap kumpulkan kedepan!!
Anju             : bauk pak,, ( mengumpulkan hasil resume diskusi )
 Pak guru      ; baiklah kita sudah selesai diskusi kelompok,, tepuk tangan dulu semua ( memberikan semangat kepada siswa agar terlepas dari kejenuhan ). Ingat minggu depan kita akan mengadakan ujian harian ya,,
Sinna            : mengenai materi apa pak????
Pak guru       : kita akan mengambil dari bab 7 mengenai kisah penyelamatan Tuhan Yesus Kristus, ingat baca bukunya dirumah ya,,,,,
 siswa            : baik pak......!!
pak guru       : Untuk hari ini cukup sampai disitu dulu pelajaran kita, mari kita tutup pelajaran kita ini dengan doa yang dipinpin oleh repinia.
Siska             :  baik pak,,, ( memimpin doa penutu )
Netty          : salam siang anak-anak sampai jumpa selasa depan, ( guru meninggalkan kelas )
Repinia         : selamat siang pak ( memberika hormat kepada guru )


TRANSKIP DIALOG
KETRAMPILANA MENGAJAR
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
NAMA: ROBBI SIHOTANG




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARMA AGUNG
MEDAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar