Jumat, 25 Mei 2012

MAKALAH MEDIA PENDIDIKAN






MAKALAH MEDIA PENDIDIKAN






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN
T.A 2012/2013






BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

            Belajar adalah sesuatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak dia bayi hingga dewasa dan tua. Salah satu pertanda seorang sudah belajar adalah tingkal lakunya sendiri.
Didalam proses atau tempat belajar kita sebutkan saja ruangan belajar, harus membutuhkan waktu dan keseriusan belajar. kendati setiap tujuan belajar itu dapat berfungsi dapat dipengaruhi oleh hal hal yang menjadi penyokong proses belajar demi kesuksesan proses dan tujuan belajar sesuai yang diharapkan oleh setiap orang di dalam proses belajar.
Salah satunya adalah topic yang akan kita bahas pada makalah ini yakni media belajar yang menjadi latar belakang dari pada makalah ini.


RUMUSAN MASALAH
            Adapun yang menjadi rumusan masalah dari makalah ini ialah :
1.      Arti media pendidikan
2.      Jenis media

















BAB II
PEMBAHASAN
            Kata media belasal dari bahsa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Medoe adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Kalau kita melihat cara dan kronologis sebuah media pendidikan, pada mulanya hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru (teaching aids ).alat bantu yang diapakai adalah alat bantu visual, misalnya gambar, model, objek dan alat-alat lainya yang dapat memberikan pengalaman kongkret, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap dan resensi daya siswa sesuai tujuan dan fungsi media pendidikan tersebut.

            Seorang guru jengkel ketika di dalam proses belajar mengajar terlah menghabiskan energy atau tenaga tanpa mendapat hasil yang diinginkan yakni para peserta didik mengerti sesuai harapan guru. Lalu iapun bertanya seatu pertanyaan sederhana dari beberapa peserta didikhanya sedikit yang mengerti dan bisa menjawab pertanyaan tersebut. Yang menjadi pertanyaan dimanakah letak kesalahan sehingga mengakibatkan proses belajar yang tidak baik itu?
Dari ilustrasi tersebut maka dengan terciptaanya media pendidikan sebagai alat yang laten untuk merangsang dan member stimulus kepada peserta didik untuk membantu proses belajar mengajar pada guru dan siswa/i.

                Adapun yang menjadi pembagian atau jenis media pendidikan dapat kita bahas pada pembahasan di bawah ini :
1.       MEDIA GRAFIS
Media grafis termasuk media visual. Sebagai halnya media yang lain media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam symbol symbol komunikasi visual.
Beberapa contoh media grafis ebagai berikut :
a.       Gambar/ Foto
Gambar/ foto adalah media yang paling umum dipakai. Dia merupakan bahasa yang umum dipakai dan dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana.
Mungkin salah satu contoh ketika guru kita ataupun dosen kita menggambarkan atau memberikan foto di papan tulis atau media lain.
Beberapa kelebihan media gambar/foto yakni :
-          Sipat yang kongkrit
-          Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
-          Dapat mengatasi keterbatasn pengamatan kita
-          Dapat dengan cepat memperjelas masalah
-          Foto mudah dijangkau dan mudah didapat.
Beberapa kelemahan media gambar/foto yakni :
-          Gambar/ foto benda yang menekankan persepsi indera mata
-          Gambar/ foto bendayang terlalu kompleks kurang efektif
-          Ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar

b.      Sketsa
Adalah gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail.contoh seorang guru menggambarkan proses perkembangbiakan kupu-kupu.

c.       Diagram
Diagram pada umumnya berisi petunjuk petunjuk yang akan menyederhanakan hal yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan.
Beberapa ciri diagram yang perlu diketahui adalah :
-          Bersipat simbolik dan absrak sehingga sulit dimengerti
-          Untuk dapat dibaca, seorang harus mempunya latar belakang tentang apa yang diagramkan

d.      Bagan/Chart
Pada media ini, dapat baik haruslah memiliki criteria sebagai berikut :
-          Dapat dimengerti anak
-          Sederhana dan lugas, tidak berbelit belit atau rumit
-          Diganti pada waktu tertentu agar selain tetap termasa dan juga tidak kehilangan daya tarik.

e.      Grafik
Adalah gambar yang sederhana yang menggunakan titik-titik , garis atau gambar.
Grafik berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas.
Berbeda dengan bagan, grafik disusun berdasarkan prinsip matematik.

f.        Kartun
Sebagai salah satu bentuk komunikasi grafis adalah suatu gambar interpretative yang menggunakan symbol-simbol untuk menyampaikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau suatu sikap terhadap orang, situasi atau kejadian kejadian tertentu.

g.       Poster
Poster tidak saja untuk menyampaikan pesan akan tetapi juga dapat  mempengaruhi sipat atau tingkah laku seorang yang melihatnya.
Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, kayu, seng, dan sebagainya.

h.      Peta dan globe
Pada dasarnya peta dan globe memberikan imformasi atau berfungsi untuk penyajian data-data lokasi.

i.        Papan Flanel
Adalah media grafis yang efektif sekali untuk menyajikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula.karena penyajian seketika, selain menarik perhatian siswa pengguna juga dapat membuat sajian lebih efisien.

j.        Papan Buletin
Papan bulletin ini dapat dibuat dari pesan-pesan verbal tertulis seperti karang-karangan atau puisi, berita dan sebagainya.

2.      MEDIA AUDIO
Berbeda dengan media sebelumya, media audio berkaitan dengan indera pendengaran.pesan pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang lambang auditif baik verbal ( kata kata ) maupun non verbal.
Ada beberapa jenis media dapat kita kelompokkan ke dalam media audio, seperti :
a.       Radio
b.      Alat perekam
c.       Laboratorium bahasa

3.       MEDIA PROYEKSI DIAM
Media ini dapat di bagi sebagai berikut :
a.       Film bingkai
b.      Film rangkai
c.       Media transparansi
d.      Proyektor tak tembus pandang
e.      Mikrofis
f.        Film
g.       Televise
h.      Video
i.         Permainan dan simulasi











BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
            Media sangatlah baik dalam membantu proses belajar mengajar para peserta didik, baipun dari berbagai jenis media tersebut, maka dengan itu juga para guru memilih dan mengimplementasikan media dengan baik demi kesuksesan proses belajar mengajar sebagai lat bantu pengantar pesan juga member stimulus yang baik dan positif terhadap dunia pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA
-          www.google.com
-          the audio visual Directory.Fairfak, Virginia :National Audio Visual Association,Inc,1981



















LAMPIR  AN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar