FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN
T.A 2012/2013
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Belajar
adalah sesuatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan
berlangsung seumur hidup, sejak dia bayi hingga dewasa dan tua. Salah satu
pertanda seorang sudah belajar adalah tingkal lakunya sendiri.
Didalam proses atau tempat
belajar kita sebutkan saja ruangan belajar, harus membutuhkan waktu dan
keseriusan belajar. kendati setiap tujuan belajar itu dapat berfungsi dapat dipengaruhi
oleh hal hal yang menjadi penyokong proses belajar demi kesuksesan proses dan
tujuan belajar sesuai yang diharapkan oleh setiap orang di dalam proses
belajar.
Salah satunya adalah topic yang akan
kita bahas pada makalah ini yakni media belajar yang menjadi latar belakang
dari pada makalah ini.
RUMUSAN
MASALAH
Adapun yang menjadi
rumusan masalah dari makalah ini ialah :
1. Arti media pendidikan
2. Jenis media
BAB II
PEMBAHASAN
Kata
media belasal dari bahsa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium
yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Medoe adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Kalau kita melihat cara dan
kronologis sebuah media pendidikan, pada mulanya hanya dianggap sebagai alat
bantu mengajar guru (teaching aids ).alat
bantu yang diapakai adalah alat bantu visual, misalnya gambar, model, objek dan
alat-alat lainya yang dapat memberikan pengalaman kongkret, motivasi belajar
serta mempertinggi daya serap dan resensi daya siswa sesuai tujuan dan fungsi
media pendidikan tersebut.
Seorang
guru jengkel ketika di dalam proses belajar mengajar terlah menghabiskan energy
atau tenaga tanpa mendapat hasil yang diinginkan yakni para peserta didik
mengerti sesuai harapan guru. Lalu iapun bertanya seatu pertanyaan sederhana
dari beberapa peserta didikhanya sedikit yang mengerti dan bisa menjawab
pertanyaan tersebut. Yang menjadi pertanyaan dimanakah letak kesalahan sehingga
mengakibatkan proses belajar yang tidak baik itu?
Dari ilustrasi tersebut maka dengan
terciptaanya media pendidikan sebagai alat yang laten untuk merangsang dan
member stimulus kepada peserta didik untuk membantu proses belajar mengajar
pada guru dan siswa/i.
Adapun yang menjadi pembagian
atau jenis media pendidikan dapat kita bahas pada pembahasan di bawah ini :
1. MEDIA GRAFIS
Media grafis termasuk media visual. Sebagai halnya media yang lain
media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan.
Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam symbol symbol komunikasi visual.
Beberapa contoh media grafis ebagai berikut :
a. Gambar/ Foto
Gambar/ foto adalah media yang paling
umum dipakai. Dia merupakan bahasa yang umum dipakai dan dapat dimengerti dan
dinikmati dimana-mana.
Mungkin salah satu contoh ketika guru
kita ataupun dosen kita menggambarkan atau memberikan foto di papan tulis atau
media lain.
Beberapa kelebihan media gambar/foto
yakni :
-
Sipat yang kongkrit
-
Gambar dapat mengatasi batasan
ruang dan waktu
-
Dapat mengatasi keterbatasn
pengamatan kita
-
Dapat dengan cepat memperjelas
masalah
-
Foto mudah dijangkau dan mudah
didapat.
Beberapa kelemahan media gambar/foto yakni :
-
Gambar/ foto benda yang
menekankan persepsi indera mata
-
Gambar/ foto bendayang terlalu
kompleks kurang efektif
-
Ukuran sangat terbatas untuk
kelompok besar
b. Sketsa
Adalah gambar yang sederhana, atau
draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail.contoh seorang
guru menggambarkan proses perkembangbiakan kupu-kupu.
c. Diagram
Diagram pada umumnya berisi petunjuk
petunjuk yang akan menyederhanakan hal yang kompleks sehingga dapat memperjelas
penyajian pesan.
Beberapa ciri diagram yang perlu
diketahui adalah :
-
Bersipat simbolik dan absrak
sehingga sulit dimengerti
-
Untuk dapat dibaca, seorang
harus mempunya latar belakang tentang apa yang diagramkan
d. Bagan/Chart
Pada media ini, dapat baik haruslah
memiliki criteria sebagai berikut :
-
Dapat dimengerti anak
-
Sederhana dan lugas, tidak
berbelit belit atau rumit
-
Diganti pada waktu tertentu
agar selain tetap termasa dan juga tidak kehilangan daya tarik.
e. Grafik
Adalah gambar yang sederhana yang
menggunakan titik-titik , garis atau gambar.
Grafik berfungsi untuk menggambarkan
data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan
suatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas.
Berbeda dengan bagan, grafik disusun
berdasarkan prinsip matematik.
f.
Kartun
Sebagai salah satu bentuk komunikasi
grafis adalah suatu gambar interpretative yang menggunakan symbol-simbol untuk
menyampaikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau suatu sikap terhadap
orang, situasi atau kejadian kejadian tertentu.
g. Poster
Poster tidak saja untuk menyampaikan
pesan akan tetapi juga dapat
mempengaruhi sipat atau tingkah laku seorang yang melihatnya.
Poster dapat dibuat di atas kertas,
kain, kayu, seng, dan sebagainya.
h. Peta dan globe
Pada dasarnya peta dan globe
memberikan imformasi atau berfungsi untuk penyajian data-data lokasi.
i.
Papan Flanel
Adalah media grafis yang efektif
sekali untuk menyajikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu
pula.karena penyajian seketika, selain menarik perhatian siswa pengguna juga
dapat membuat sajian lebih efisien.
j.
Papan Buletin
Papan bulletin ini dapat dibuat dari
pesan-pesan verbal tertulis seperti karang-karangan atau puisi, berita dan
sebagainya.
2.
MEDIA AUDIO
Berbeda dengan media
sebelumya, media audio berkaitan dengan indera pendengaran.pesan pesan yang
akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang lambang auditif baik verbal ( kata
kata ) maupun non verbal.
Ada beberapa
jenis media dapat kita kelompokkan ke dalam media audio, seperti :
a.
Radio
b.
Alat perekam
c.
Laboratorium bahasa
3. MEDIA PROYEKSI DIAM
Media ini dapat di bagi sebagai
berikut :
a.
Film bingkai
b.
Film rangkai
c.
Media transparansi
d.
Proyektor tak tembus pandang
e.
Mikrofis
f.
Film
g.
Televise
h.
Video
i.
Permainan dan simulasi
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Media sangatlah baik dalam
membantu proses belajar mengajar para peserta didik, baipun dari berbagai jenis
media tersebut, maka dengan itu juga para guru memilih dan mengimplementasikan
media dengan baik demi kesuksesan proses belajar mengajar sebagai lat bantu
pengantar pesan juga member stimulus yang baik dan positif terhadap dunia
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
-
www.google.com
-
the audio visual Directory.Fairfak, Virginia :National Audio Visual
Association,Inc,1981
LAMPIR AN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar