Senin, 04 Juni 2012

KETERAMPILAN MENJELASKAN,PPL 1 ( MICRO TEACHING )


NAMA                        : ROBBI SIHOTANG
NPM                : 09-052-111-017
M.K                 : PPL 1 ( MICRO TEACHING )                                                          


Pak Guru      : selamat pagi anak-anak......?
Siswa            : selamat pagi pak,!!
Pak Guru      :  Apa kabar hari ini??
Pak Guru      : terimahkasih ( guru sambil duduk, sambil menunjuk salahsatu dari siswa ).,, anju  tolong pinpin doa selakian nyanyi.
Anju             : Iya pak,,,,,,,,, ( anju maju kedepan dan memimpin doa dan lagu pujian ) 
Pak Guru      : ( guru memerikasa daftar hadir / absen siswa setelah guru memulai topic atau materi pelajaran) Nah anak-anak, bapa akan mengajarkan kalian untuk membicakan topik baru, yakni “Suara Hati” dari halaman 34 bab yang ke 5. Coba semua memperhatikan...!! bapa  akan menjelaskan ,,( guru menjelaskan dan siswa memperhatikan ) dalam diri manusia pasti ada bisikan ( dorongan ) untuk melakukan perbuatan yang baik dan menolak yang jahat,,, ( guru menjelaskan topik materi )
Wati              : jadi Pak,,, suara hati iru adalah hal yang mendorong kita melakukan hal yang baik ya.
Pak Guru      : betul sekali,, suara hati ( menjelaskan ),, seperti dapat kita baca dalam Kitab Luk 22 : 39-46. ( guru menyuruh sisiwa memebaca Alkitab ) rustinah bacakan dulu.
Rustinah     : ( rustinah membaca Alkitab sampai selesai )
Pak Guru      :   ya timakasih rustinah, ( memberikan senyum penyemangat ) nah bapa ingin bertanya kepada kalian situasi apakah yang dihadapi Tuhan Yesus sehingga Dia sangat takut dan berkeringat??? Coba trivena jawab pertanyaan bapa!!!!!!
Trivena         : kalau menurut saya pak situasi yang membuat Tuhan seperti itu adalah hal yang akan Ia hadapi.
Pak Guru      : betul sekali,,, ( sambil menepuk pundak rusti ) dalam Lukas 22: 39-46 menampikan suatu peristiwa bagaimana pergulatan yang dialami Tuhan Yesus dalam rangka menghadapi tugas pokok-Nya, yaitu melaksanakan kehendak Allah. Yesus menyadari bahwa perjalanan-Nya menuju Yerusalem akan berujung penderitaan dan ahinya akan di hukum mati. ( guru menjelaskan  materi tersebut ( guru menjelaskan materi tersebut )
Netty            : ( siswa mengunjuk tangan dan bertanya ) jadi pak,,, suara hati  yang dikatakan dalam ayat Kitab tadi apa pak?????,,,
Pak Guru      : nah semua memperhatikan kesini (  guru mengarahkan perhatian siswa ) dalam ayat Kitab Lukas 22 : 39-46 , yang menyatakan bentuk suara hati terdapat pada  ayat yang ke- 42, dimana Tuhan Yesus memberikan keputusan dari hati-Nya yang paling dalam untu menjalakan kehendak Allah. Apakah semua sudah paham tetang suara hati ???
siswa            : sudah pak
Pak Guru      : bagus,, kalau begitu bapa akan menyumpulkan pelajar kita ini tolong dengarkan semua. ( siswa memperhatikan pak guru menyimpulkan ) nah anak-anak “ suara  hati “adalah suatu bisikan ataupun dorongan untuk memberikan keputusan dan  melakukan tindakan  yang baik dan menolak kejahatan. Fungsi dari suara hati juga adalah sebagai pedoman dalam menghadapi situasi dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan manusia, seperti yang diteladankan Tuhan Yesus kepada kita seperti dalam ayat Alkitab Luk 22 : 39-46 yang mengajarkan kita untuk mendengarkan suara hati kita dan melakukan keputusan yang baik. Nah anak-anak sampai disi dulu pembahasan kita, tapi bapa akan memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah. ( guru memberikan tugas kepada siswa )
Marlina         : baik pak,,
Pak guru     : yang menjadi tugas adalah, coba anda tuliskan tentang suara hati yang pernah ada alami dalam kehidupan sehari-hari?
pak guru       : Untuk hari ini cukup sampai disitu dulu pelajaran kita, mari kita tutup pelajaran kita ini dengan doa yang dipinpin oleh marlina
Marlina         :  baik pak,,, ( memimpin doa penutu )
Pak guru     : salam siang anak-anak sampai jumpa selasa depan, ( guru meninggalkan kelas )
Repinia         : selamat siang pak ( memberika hormat kepada guru )


TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar